Renovasi Rumah

Tips Mengatur Biaya untuk Renovasi Rumah

 

Melakukan renovasi rumah akan relatif membutuhkan biaya cukup besar. Namun begitu, besar kecilnya estimasi biaya ini dapat dijaga apabila kamu fokus dengan prioritas pekerjaan yang telah dituju sebelumnya. Kalau tidak begitu, dalam tengah-tengah pekerjaan renovasi rumah, pasti akan ada tambahan pekerjaan di luar perencanaan kamu. Inilah yang menyebabkan biaya renovasi akan membengkak dari yang telah direncanakan.

Memiliki komitmen dalam renovasi rumah akan menjadi penting bila kamu tidak ingin biaya membengkak banyak, terutama sewaktu pekerjaan finishing atau pekerjaan interior rumah. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak mengeluarkan tambahan biaya yang besar sewaktu renovasi :

1. Catat prioritas pekerjaan renovasi. Pilihlah pekerjaan-pekerjaan yang penting dan harus dilakukan terlebih dulu. Bila masih ada budget sisa, kamu bisa menambahkan beberapa pekerjaan tambahan, namun tetap harus mengalokasikan dana cadangan untuk hal-hal yang tidak terduga.

2. Pilihlah spesifikasi material yang sesuai kebutuhan. Hindari menggunakan spesifikasi yang berlebih atau di bawah standard agar kondisi bangunan tetap awet. Tentu kamu tidak ingin dalam waktu dekat kamu sudah harus melakukan renovasi kembali bukan? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebutuhan material bangunan kamu.

3. Percayakan pada jasa kontraktor yang berpengalaman, bukan hanya tukang biasa karena cara kerja dan pemahaman yang berbeda. Menggunakan jasa kontraktor akan sangat bermanfaat bagi kualitas hasil pekerjaan dan mengetahui kebutuhan material bangunan kamu.