Dampak Pergaulan Bebas By Viva99

Dampak Pergaulan Bebas By Viva99

 

                Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Pergaulan bebas bermakna jalinan pertemanan yang melewati batas ketentuan atau norma yang berlaku di masyarakat. Keluarga yang kurang harmonis, memilih lingkungan pertemanan yang salah serta suasana ekonomi adalah sebagian faktor penyebab pergaulan bebas. Terjadinya hal ini banyak berkorban dan berefek samping pada keluarga yang utama dan masyarakat di lingkungan . Dampak pergaulan bebas Pergaulan bebas membawa efek negatif, salah satunya didalam bidang kesehatan. Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri dan Faktor Penyebab Pergaulan Bebas  Menurut Salman Al Farisi didalam Buku Pergaulan Bebas (2017), salah satu efek utama dari pergaulan bebas adalah terkena HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus) dan (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

                Karena remaja membawa keingintahuan yang tinggi akan hal-hal baru. Kenakalan remaja telah menjadi sebuah fenomena sosial yang tidak terbantahkan lagi.  Pergaulan bebas atau pergaulan yang salah bisa membawa dampak terjadinya kenakalan remaja. Contohnya adalah tawuran, pencurian, gunakan obat terlarang, kurang ajar atau membantah perintah orang tua. Baca juga: Nilai-Nilai Penting Sumpah Pemuda Gangguan kebugaran gara-gara mengonsumsi narkoba Mengonsumsi serta menyalahgunakan narkoba termasuk didalam pergaulan bebas dan bisa membawa dampak penggunanya kecanduan lebih-lebih mengalami problem kesehatan. Contohnya adalah halusinasi, tertular penyakit menular, over dosis, problem proses saraf dan jantung, serta kematian. Pendidikan menjadi terkendala Pergaulan bebas termasuk benar-benar berpengaruh pada pendidikan. Nilai menurun, susah berkonsentrasi didalam belajar lebih-lebih terpaksa muncul dari sekolah adalah salah satu efek pergaulan bebas didalam bidang pendidikan. Cara menanggulangi pergaulan bebas Lingkungan keluarga adalah lingkungan yang berperan penting didalam memberi tambahan pondasi yang kuat bagi para remaja.

Gangster

                Hal ini marak terjadi di lingkungan masyarakat karena pergaulan bebas banyak anak remaja yang mementingkan gengsi sehingga merasa dirinya merasa paling hebat. Gangster senantiasa membasmi orang orang lemah yang tidak bersalah hingga tak berdaya sehingga merasa mereka meninggi. Dan pada dasarnya gangster banyak membuat warga cemas jadi jangan sampai pergaulan anak muda terjun seperti ini. Kita semua sudah tidak asing dengan kata ini maka dari itu pihak kepolisian Negara selalu menjajah anak muda yang ikut berkecimpung dalam ikatan gangster atau gang motor.

Mabuk

                Hal ini juga tidak lagi asing di kalangan anak tongkrongan dalam remaja. Di masa remaja banyak anak muda labil sehingga ingin merasakan apa yang belum pernah di lakukan olehnya. Maka dari itu anak muda banyak ingin mengetahui apa yang ingin dia coba seperti mabuk mabukan. Kejadian seperti ini berdampak pada kesehatan kita jika satu tetes air keras dapat merusak 1000 sell sell saraf pada tubuh.

Berzina

                Berzina banyak terjadi di kalangan anak muda yang salah pergaulan. Biasanya hal ini terjadi karena dampak dari masa masa pacaran, banyak anak anak kecil remaja yang mencoba dalam melakukan pacaran sehingga mereka ingin melakukan hal hal negative sampai akhirnya terjun dan terjerumus dalam perzinahan yang di larang oleh agama dan melakukan hamil di luar nikah, dari hal ini banyak anak muda yang nikah muda

Cara mencegah pergaulan bebas

  1. Lakukan aktifitas sehat

Seperti bermain olahraga, main game dan lain  lain bicara soal game dan olah raga ada satu game olah raga yang dapat menghasilkan uang yaitu game judi bola online.

  1. Perdekat diri dengan keluarga

Dengan keluarga terjauh dari kata pergaulan bebas sehingga tidak terjerumus ke dalam penggunaan narkoba dan lain lain.

  1. Banyak banyak belajar
  2. Pandai dalam memilih teman
  3. Berkumpul dengan orang orang soleh.

Dan berikut dari dampak pergaulan bebas yang dapat kami berikan semoga bermanfaat lindungi keluarga dan anak anak kita dari sekarang.