About Me

Seperti yang kalian ketahui bahwa Bumi adalah salah satu planet atau bintang siarah yang berputar mengikuti sebuah orbit. Di alam tata surya tidak hanya ada kumpulan planet saja, namun ada bintang lainnya dengan ukuran lebih kecil.

Benda asing luar angkasa memang sangat menarik untuk dibahas dan dipelajari. Apalagi untuk hal baru yang sangat jarang dan bahkan belum pernah kita temukan secara langsung. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan juta benda langit yang melayang di tata surya secara tenang karena hampa udara serta gravitasi. Lalu bagaimana jika benda tersebut jatuh ke planet bumi?
Well, buat readers yang kurang memahami perihal benda langit yang ada di angkasa mungkin akan sangat bingung ketika mendengar Meteoroid, Meteor, dan Meteorit. Apa bedanya? Tiga hal itu terdengar sama saja kok? Banyak yang tidak sadar pastinya akan perbedaan ketiga sebutan tersebut akibat nama yang sangat serupa. Jadi coba kita kulik pengertian dari ketiga nama ini!
Meteoroid adalah benda kecil yang melayang di tata surya. Meteoroid menduduki peringkat kedua setelah Asteroid sebagai benda langit berukuran besar. Benda langit akan terus melayang dan bergerak didalam ruang antarplanet mengikuti pergerakan planet yang memiliki daya tarik gravitasi disekitarnya secara perlahan.

Meteor merupakan fenomena ketika Meteorid relicuniverse menembus atmosfer bumi. dimana Meteoroid atau benda langit ini jatuh akibat tertarik gravitasi. Melesatnya benda ini saat melewati atmosfer bumi akan terbakar dan menimbulkan cahaya terang, biasanya disebut juga sebagai bintang jatuh. Api dari Meteor akan redam seiring perjalanannya ketika jatuh ke permukaan bumi.

Meteorit
Meteorit adalah fenomena ketika Meteoroid menembus atmosfer bumi dan mencapai ke permukaan. Perbedaannya dengan Meteor adalah bagaimana jatuhnya meteoroid ini masih terbakar akibat gesekan yang sebelumnya sudah kami sebutkan. Benda tersebut memiliki kondisi masih terbakar saat jatuh sampai ke permukaan bumi. Ini lah yang menjadi perkiraan para peneliti tentang kepunahan Dinosaurus akibat hujan 
Beberapa kejadian tentang meteorit yang menyentuh permukaan ini sudah tercatat sejak lama. Karena panas dan ledakan yang didapat dari meteorit ini lah yang membuat tanah yang dijatuhinya berlubang dan tidak sedikit menjadikan tanahnya tandus. Kawah raksasa Chicxulub Meksiko adalah salah satu hasil tapak raksasa berukuran selebar 180km dari meteorit sebesar 10km. Hasil dari jatuhnya meteorit ini disebut Meteorit Crater